Mudah Pastikan Keamanan Bisnis dengan Security Operations Center

Mudah Pastikan Keamanan Bisnis dengan Security Operations Center

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat tak hanya membawa manfaat bagi bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, tetapi juga bisa dimanfaatkan para hacker untuk menjalankan serangan siber yang semakin canggih. Faktanya, jumlah serangan siber kian meningkat tiap tahunnya. Hal ini juga didukung hasil survey IBM yang mengungkapkan bahwa kerugian akibat pencurian data dari tahun ke tahun naik sebesar 12%, dengan kerugian rata-rata sebesar US$3,92 juta.

Untuk menghindari permasalahan di atas, bisnis di berbagai industri mulai membangun Security Operations Center (SOC), sebuah tempat sentral bagi tim IT yang memiliki fungsi untuk mengidentifikasi, mengelola, dan meremediasi serangan. Infrastruktur SOC yang baik akan terdiri dari pengumpul dan pengelola log untuk informasi dan data yang datang dari berbagai perangkat dan sistem. Setelah mengumpulkan data dari berbagai sumber, SOC akan memanfaatkan teknologi keamanan untuk melakukan monitoring, identifikasi, dan respon terhadap ancaman maupun serangan siber yang terjadi secara real-time.

Dalam membangun SOC, bisnis dapat membangunnya sendiri ataupun bekerja sama dengan pihak ketiga. Perlu diingat bahwa apabila bisnis memutuskan untuk membangun SOC sendiri, terdapat beberapa tantangan yang akan dihadapi, antara lain ialah biaya tinggi yang diperlukan untuk memilih dan menginstal teknologi keamanan, serta susahnya mendapatkan IT staf internal yang kompeten untuk memonitor dan menjaga infrastruktur SOC. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Defenxor sebagai salah satu penyedia IT security di Indonesia merilis Defenxor Intelligence Managed Security (DIMS), sebuah layanan managed security yang komprehensif.

Dengan layanan DIMS dari Defenxor, Anda mengubah biaya CAPEX yang tinggi untuk investasi solusi keamanan menjadi biaya OPEX dengan membayar flat fee tiap tahunnya. Dengan membayar fee tersebut, keamanan bisnis Anda akan terjamin selama 24x7. Hal ini dikarenakan seluruh aktivitas yang terjadi di infrastruktur IT Anda dipantau secara real-time oleh tim security expert kami melalui SOC yang dilengkapi dengan teknologi keamanan dan monitoring terbaru. Tak hanya itu, DIMS juga memiliki beberapa fitur, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi mobile agar Anda dapat memonitor bisnis via perangkat pribadi kapanpun.
  • Pengumpulan dan manajemen log yang berguna untuk mendeteksi ancaman secara dini.
  • Mengambil data forensik maupun jaringan untuk keperluan forensik.
  • Incident response and management untuk menangani sebuah insiden dengan tepat.
  • Manajemen kerentanan supaya kerentanan yang ada dapat diidentifikasi dan ditangani secepat mungkin.

Memiliki SOC yang memadai bukan lagi sebuah pilihan, tetapi sudah menjadi keharusan agar keamanan bisnis dapat terus terjamin. Namun, membangun SOC secara mandiri membawa tantangan tersendiri bagi bisnis. Maka dari itu, layanan DIMS dari Defenxor bisa menjadi solusi yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi info@defenxor.com.